Cara Memulai Bisnis Online dari Awal Cocok Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online dari Awal Cocok Untuk Pemula

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara memulai bisnis online bagi pemula. Bisnis online adalah bisnis yang jalankan melalui internet. Artinya, aktivitas bisnis seperti jual-beli, pelayanan kepada konsumen, marketing, dan sebagainya dilakukan secara online.

Melakukan online shop tentunya memiiki banyak manfaat seperti menghemat biaya dan lainnya. Karena semua kegiatannya dari online tidak membutuhkan tempat sewa atau apapun itu. Lalu jangkauan pasarnya juga luas tidak seperti jualan konvensional.


Daftar Cara Memulai Bisnis Online

Sebelum anda menjual produk secara online sebaiknya anda ketahui dulu cara memulai bisnis online berikut ini. Sehingga kamu bisa menjalankan bisnis online secara maksimal, Berikut penjelasannya :

1. Tentukan Platform untuk Tempatmu Berjualan

Platform untuk berjualan, seperti media sosial dan e-commerce saat ini tersedia banyak sekali untuk memulai bisnis online. Meski begitu, penting untuk menyesuaikan jenis produk dengan tempat berjualan agar memaksimalkan jumlah penjualan. Misalnya, jika produk yang kamu jual cenderung diperuntukkan untuk anak muda, maka media sosial seperti Instagram atau TikTok lebih cocok digunakan. Sebaliknya, apabila target pasar produkmu adalah orang tua, kamu bisa menggunakan platform Facebook atau WhatsApp untuk memasarkan produk tersebut.

2. Cara Memulai Bisnis Online, Riset Pasar

Setelah memilih satu memilih platform bisnis, kini saatnya untuk mulai fokus riset bidang tersebut. Riset pasar ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan ide bisnis online. Anda membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis yang kuat. Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini.

3. Mencari Supplier atau Distributor Terpercaya

Jangan khawatir apabila kamu memulai bisnis tanpa modal. Karena, kamu mempunyai pilihan untuk menjual dagangan orang lain, atau menjadi reseller. Beberapa supplier menerapkan sistem dropship. Artinya, kamu hanya perlu menerima orderan lalu menyampaikannya pada supplier. Kemudian, mereka yang mengurusi segala keperluan pengemasan dan pengiriman barang pada pembeli. Sebaiknya, kamu mendapatkan barang dari supplier tangan pertama. Sehingga, kamu bisa tetap mendapatkan keuntungan tanpa harus menaikkan harga barang terlalu tinggi.

4 .Tambahkan Produk pada Halaman Toko

Setelah selesai menentukan platform serta tema dan desain online shop kamu, sekarang saatnya untuk mengisi halaman tokomu. Tak sekadar upload foto produk, namun terdapat aspek-aspek lain yang wajib kamu ketahui agar dagangan kamu semakin terlihat menarik. Seperti deskipsi yang jelas menyediakan fitur chat dan yang lainnya.

5. Rajin Mempromosikan Produk

Merencanakan konsep dan memperindah tampilan toko, akan sia-sia jika orang-orang tidak mengetahui keberadaan toko kamu. Untuk itu, rajinlah mempromosikan barang dagangan pada sosial media anda. Anda bisa memanfaatkan fitur Instastory, WhatsApp, atau Facebook Story untuk mengupdate produk kamu agar semakin banyak yang melihat. Buatlah konten foto atau video semenarik mungkin agar orang-orang penasaran dengan produk tersebut. Kamu juga bisa menerapkan gimmick marketing, seperti potongan harga atau bonus produk untuk pembelian dengan jumlah tertentu.