Satoshi Nakamoto, Identitas Pendiri Bitcoin

Satoshi Nakamoto, Identitas Pendiri Bitcoin

Salah satu misteri bitcoin yang paling abadi adalah identitas pendirinya, Satoshi Nakamoto. Sedikit yang diketahui tentang dia. Komunikasi terakhirnya adalah slot gacor hari ini pada April 2011, dua tahun setelah jaringan itu muncul. Nakamoto penting bagi ekosistem bitcoin di luar statusnya sebagai pendiri. Dia adalah semacam figur filosofis dan sering dipanggil di antara pendukung cryptocurrency yang memperdebatkan masa depan pengembangan bitcoin.

Misalnya, kedua belah pihak dalam pertikaian Bitcoin Cash (yang merupakan garpu dari blockchain bitcoin asli) mengklaim untuk menjunjung tinggi visi asli Nakamoto untuk mata uang tersebut. Dompet Bitcoin yang terkait dengan Nakamoto menampung 980.000 bitcoin (sekitar $6,2 miliar per Maret 2020). Mengingat bahwa hanya 21 juta Bitcoin yang akan pernah ditambang, kepemilikan Nakamoto berpotensi mempengaruhi harganya secara signifikan, jika dan ketika diperdagangkan.

Satoshi Nakamoto, Identitas Pendiri Bitcoin

Meskipun banyak upaya untuk mengungkap identitasnya, Nakamoto telah terbukti sulit dipahami. Beberapa individu telah diusulkan tetapi tidak ada yang terbukti sebagai Satoshi Nakamoto tanpa keraguan. Berikut adalah tiga kandidat. Ini mungkin upaya paling terkenal untuk mengungkap pendiri bitcoin. Newsweek pada Maret 2014 mengidentifikasi Dorian Nakamoto sebagai pencipta mata uang.

Publikasi artikel menyebabkan keributan di crypto dan komunitas teknologi yang lebih luas, karena ini adalah pertama kalinya publikasi arus utama mencoba mempelajari slot terbaru identitas pencipta bitcoin. Newsweek mengklaim beberapa kesamaan antara Satoshi Nakamoto dan Dorian Nakamoto. Misalnya, keduanya diduga memiliki kecenderungan libertarian dan koneksi Jepang.

Dorian, yang lulus dalam fisika dari Politeknik California dan bekerja pada proyek pertahanan rahasia, adalah orang Jepang-Amerika. Penulis artikel tersebut juga mengklaim bahwa Nakamoto mengatakan bahwa dia “tidak lagi” terlibat dengan bitcoin dan bahwa dia telah “menyerahkannya” kepada orang lain. Dorian Nakamoto kemudian membantah kutipan tersebut dan mengklaim bahwa dia telah salah memahami pertanyaan tersebut.

Dia mengatakan kepada Associated Press, “Saya tidak ada hubungannya dengan itu.” Kesalahan terbesar majalah itu adalah menerbitkan foto https://www.wimun.org/ rumah Nakamoto. Pencarian gambar sepintas dapat dengan mudah mengungkapkan lokasinya. Sementara banyak yang tidak percaya Dorian Nakamoto adalah pendiri bitcoin, komunitas crypto terkejut privasinya telah dilanggar.

Meski begitu, sirkus media bukannya tanpa keuntungan bagi Dorian Nakamoto. Kampanye online mengumpulkan lebih dari 100 bitcoin atas namanya. Dana tersebut adalah cara komunitas bitcoin untuk mengatakan “terima kasih.” Pada April 2014, Dorian Nakamoto muncul di video YouTube bersama dengan penggalangan dana Andreas Antonopoulos untuk berterima kasih kepada komunitas bitcoin atas dukungan mereka.